Kamis, 20 Juni 2013

Sistem pembelajaran yang ideal

Dari yang saya alami waktu mendapat pengajaran dari SD – SMK sangat banyak sekali metode pembelajaran yang saya terima. Diantaranya ada metode ceramah,ada metode diskusi dan ada juga metode demonstrasi. Dari ketiga metode itu saya akan kupas satu per satu.
1.  Metode ceramah
                Metode ini memang sangat mudah sekali di terapkan karena semua peraturan berada di tangan pengajar serta siswa dapat terkena semua. Namun di metode ini menurut saya kekurangannya yaitu pada siswanya karena tidak semua siswa memiliki kemampuan menyimak selain itu partisipasi dari siswa kurang dan cenderung ke aspek ingatan.
2. Metode diskusi
                Metode ini mampu membuat saya merumuskan suatu masalah dan juga bisa mengelola pembelajaran diskusi selain itu membuat saya untuk selalu berpendapat. Namun metode ini membutuhkn waktu yang banyak,diskusi tidak efektif apabila salah satu dari siswa tidak memahami konsep permasalahan.
3. Metode demonstrasi
                Di metode ini saya di ajarkan untuk bisa memahami pelajaran sesuai dengan kenyataan. Namun yang saya rasakan metode ini hanya dapat menimbulkan cara pikir yang konkrit saja
Dan menurut saya  Dalam proses pembelajaran ideal harus terjadi
 I 2 dan M3
I: Interaktif
Model pembelajaran Interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar.
 I: Inspiratif
Teknik pembelajaran yang di dalamnya begitu banyak pemikra yang penuh inspirasi dari seorang pendidik.

M.3 : yaitu Menyenangkan, Menantang, dan Memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif (student centered). Proses pembelajaran ditekankan agar dapat memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Dari semua itu harus di dampingi dengan kinerja yang positif bik dari guru dan siswa.

Trimakasih...:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar